Monday, 16 October 2017
NEWS TICKER
IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB »  Piye Kabare Bro…..Cermati Poster Yang Menyesatkan »  Siapa Sesungguhnya Bandoro Raden Ayu Roro Matah Hati »  Film Porno Artis Lokal Dikabarkan ada 8 Episode »  Daftar Peserta PLPG Tahap I Rayon UMS »  Agustus, 40 Mahasiswa UNS Ikuti KKN »  Harga Cengkeh Kering Mencapai Rp.115 ribu perkilogram »  Klaten : Puluhan Peluru Hampa ditemukan di sungai »  Lagi, Pos Polisi Kembali Diserang »  Bencana Alam Banjir dan Longsor di Wonogiri Kian Meluas »  Kementerian ESDM Tunjuk Pemkot Jadi Pilot Project PJU Pintar »  Hasil Mencuri Untuk Foya- Foya »  Lomba Lari 10 K Nasional Hari Jadi Wonogiri akan Melewati Waduk Gajah Mungkur »  Calon TKI Ujian EPS TOPIK PBT di UNS »  Jokowi Raih Dua Penghargaan »  Tahun 2014, UMK Solo Naik 25% »  Jelang Pilgub, KPU Gelar Sosialisai »  Demo Kenaikan BBM di Solo Ricuh »  Kesenian Tradisional Kethek Ogleng Ciri Khas Wonogiri »  Penegakan Hukum di Indonesia Masih Carut-Marut » 
 
Home » Index » Agustus, 40 Mahasiswa UNS Ikuti KKN
INDEX

Agustus, 40 Mahasiswa UNS Ikuti KKN

Tuesday, 2 July 2013 - 16419 Views
Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS  | Foto Labib Zamani

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS | Foto Labib Zamani

INFOSOLORAYA.COM – SOLO – Sebanyak 40 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di empat kabupaten di eksKarisidenan Surakarta. KKN yang rencananya akan diberangkatkan pada Agustus mendatang disediakan dana anggaran universitas senilai Rp120 juta. Demikian disampaikan Kepala Unit Pengelola KKN (UP-KKN) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Dr Rahayu kepada wartawan dalam acara Semiloka Sosialisasi Penyelenggaraan Program KKN dengan Pemda di Hotel Orenge Solo, Selasa (2/7).

“Keempat daerah ini diantaranya Sumber Lawang, Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Wonogiri dan Kota Solo. Selama KKN berlangsung diharapkan mahasiswa mampu berinteraksi bersama warga sekitar lokasi kegiatan,” paparnya.

Menurut Rahayu,  peserta KKN ini harus sudah memcapai 110 Satuan Kredit Semester (SKS). Selain itu, pendaftaran KKN dilakukan dengan sistem online melalui laman siakad.uns.ac.id. Setelah melakukan pendaftaran mahasiswa akan dilakukan seleksi dengan berbagai ujian, meliputi ujian wawancara. Kemudian mahasiswa juga akan diberikan tawaran tema yang akan digunakan sebagai bahan saat melakukan KKN.

“Ini baru percobaan yang diikuti seluruh fakultas di UNS, mulai angkatan 2008, 2009 dan 2010. Kemudian pada 2014 nanti akan kita berangkatkan masal dengan jumlah yang lebih banyak,” bebernya. Lebih lanjut, Rahayu mengatakan KKN percobaan ini mahasiswa tidak diwajibkan atau diharus untuk ikut. Karena untuk KKN wajib akan dilaksanakan pada Tahun 2014 mendatang dengan jumlah peserta seluruh mahasiswa UNS baik reguler maupun nonreguler.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi menambahkan KKN bertujuan untuk memberikan pengalaman mahasiswa khususnya dalam masyarakat. Selama ini mahasiswa belum mampu atau peka tehadap lingkungan sekitar (masyarakat). Bahkan, KKN dilakukan untuk menghilangkan sikap mahasiswa yang dinilai “sok kemintar”. “KKN ini merupakan salah satu aplikasi Perguruan Tinggi (PT) terhadap masyarakat. Karena masyarakat butuh sentuhan-sentuhan pendidikan dari PT,” terang Ravik.(bib@infosoloraya.com)

Related Post

Comment