Wednesday, 23 April 2014
NEWS TICKER
IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB »  Piye Kabare Bro…..Cermati Poster Yang Menyesatkan »  Lagi, Pos Polisi Kembali Diserang »  Klaten : Puluhan Peluru Hampa ditemukan di sungai »  Kementerian ESDM Tunjuk Pemkot Jadi Pilot Project PJU Pintar »  Agustus, 40 Mahasiswa UNS Ikuti KKN »  Hasil Mencuri Untuk Foya- Foya »  Daftar Peserta PLPG Tahap I Rayon UMS »  Lomba Lari 10 K Nasional Hari Jadi Wonogiri akan Melewati Waduk Gajah Mungkur »  Harga Cengkeh Kering Mencapai Rp.115 ribu perkilogram »  Film Porno Artis Lokal Dikabarkan ada 8 Episode »  Jelang Pilgub, KPU Gelar Sosialisai »  Siapa Sesungguhnya Bandoro Raden Ayu Roro Matah Hati »  Calon TKI Ujian EPS TOPIK PBT di UNS »  Bencana Alam Banjir dan Longsor di Wonogiri Kian Meluas »  Penegakan Hukum di Indonesia Masih Carut-Marut »  Demo Kenaikan BBM di Solo Ricuh »  Pengurus Baru HMI Cabang Sukoharjo Dilantik »  Pembina Kwartir Ranting 110917 Simo Ikuti KMD »  Kecelakaan Karambol, Pelajar Tewas » 
 
Home » Foto » Bekali Kepemimpinan, OSIS SMP Islam Al Azhar Ikuti LBT
FOTO

Bekali Kepemimpinan, OSIS SMP Islam Al Azhar Ikuti LBT

Tuesday, 11 December 2012 - 2621 Views
SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru 300x199 Bekali Kepemimpinan, OSIS SMP Islam Al Azhar Ikuti LBT

Sejumlah siswa SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru, Sukoharjo saat mengikuti outbound | Foto Labib Zamani

INFOSOLORAYA.COM – SUKOHARJO – Untuk memberikan bekal kepemimpinan bagi siswanya, SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru, Sukoharjo mengadakan kegiatan Leadership Basic Training (LBT) di Kawasan Wisata Balekambang, Solo, Selasa (11/12/2012). Kegiatan tersebut diikuti siswa kelas VII dan VIII yang menjadi anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). 

Koordinator Kesiswaan, Sevy Evi Sofiyana, mengungkapkan kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dimulai sejak Senin (10/12/2012) di sekolah setempat. Kegiatan hari pertama ini, lanjutnya siswa diberikan pelatihan tentang kedisiplinan, kepemimpinan, peraturan Undang-Undang (UU), hukum dan kegiatan yang lainnya oleh Polisi Resor (Polres) Kabupaten Sukoharjo.

“Hari pertama ini lebih ditekankan kepada meteri-materi kepemimpinan. Sehingga kami melibatkan Polres Sukoharjo untuk memberikan materi,” kata Sevy saat ditemui infosoloraya.com di Kawasan Wisata Balekambang, Selasa.

Sevy menjelaskan, sebelum masuk menjadi anggota kepengurusan OSIS, sekolah melakukan seleksi atau ujian bagi para siswa. Siswa yang lolos seleksi berhak menjadi calon kandidat ketua OSIS. Selain itu, siswa yang ingin menjadi keanggotaan OSIS juga harus memiliki leandership untuk memajukan sekolah. “Ada ujian agama, minat dan bakat, motivasi, wawancara dan akademik,” ungkapnya.

“Akademik ini merupakan salah satu syarat utama siswa menjadi ketua OSIS. Karena menjadi anggota OSIS harus siap ketinggalan mata pelajaran (mapel). Sebab akan banyak kegiatan di luar kelas,” tambahnya lagi.

Sementara, Pembina Kegiatan, Eko Priyono, mengungkapkan kegiatan di luar sekolah (outbound) ini ditujukan untuk melatih kedisiplinan, tanggung jawab serta melatih kebersamaan. Karena menjadi pengurus OSIS tidaklah gampang. Sehingga membutuhkan kebersamaan untuk dapat memajukan kemajuan sekolah. “Tugas OSIS itu tidak mudah, jadi memerlukan tanggung jawab bersama dalam setiap melakukan kegiatan,” katanya.

Kegiatan outbound ini siswa diberi materi yang berhubungan dengan tanggung jawab dan kebersamaan. Seperti Pelatihan Baris Berbaris (PBB), jaring laba-laba dan permainan ular buta. “Ada 25 siswa, masing-masing dibagi menjadi enak kelompok dan setiap kelompok ada enam orang. Sebagai acara penutup LBT, semua siswa akan kami suruh untuk menyanyikan mars OSIS. Tujuannya adalah untuk menguatkan siswa, betapa beratnya menjadi pengurus OSIS,” jelas Eko.[bib@infosoloraya.com]

 

Incoming search terms:

Related Post

Comment