Bekali Kepemimpinan, OSIS SMP Islam Al Azhar Ikuti LBT

 0
Bekali Kepemimpinan, OSIS SMP Islam Al Azhar Ikuti LBTby solorayaon.Bekali Kepemimpinan, OSIS SMP Islam Al Azhar Ikuti LBTINFOSOLORAYA.COM – SUKOHARJO – Untuk memberikan bekal kepemimpinan bagi siswanya, SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru, Sukoharjo mengadakan kegiatan Leadership Basic Training (LBT) di Kawasan Wisata Balekambang, Solo, Selasa (11/12/2012). Kegiatan tersebut diikuti siswa kelas VII dan VIII yang menjadi anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).  Koordinator Kesiswaan, Sevy Evi Sofiyana, mengungkapkan kegiatan tersebut […]
SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru 300x199 Bekali Kepemimpinan, OSIS SMP Islam Al Azhar Ikuti LBT

Sejumlah siswa SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru, Sukoharjo saat mengikuti outbound | Foto Labib Zamani

INFOSOLORAYA.COM – SUKOHARJO – Untuk memberikan bekal kepemimpinan bagi siswanya, SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru, Sukoharjo mengadakan kegiatan Leadership Basic Training (LBT) di Kawasan Wisata Balekambang, Solo, Selasa (11/12/2012). Kegiatan tersebut diikuti siswa kelas VII dan VIII yang menjadi anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). 

Koordinator Kesiswaan, Sevy Evi Sofiyana, mengungkapkan kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dimulai sejak Senin (10/12/2012) di sekolah setempat. Kegiatan hari pertama ini, lanjutnya siswa diberikan pelatihan tentang kedisiplinan, kepemimpinan, peraturan Undang-Undang (UU), hukum dan kegiatan yang lainnya oleh Polisi Resor (Polres) Kabupaten Sukoharjo.

“Hari pertama ini lebih ditekankan kepada meteri-materi kepemimpinan. Sehingga kami melibatkan Polres Sukoharjo untuk memberikan materi,” kata Sevy saat ditemui infosoloraya.com di Kawasan Wisata Balekambang, Selasa.

Sevy menjelaskan, sebelum masuk menjadi anggota kepengurusan OSIS, sekolah melakukan seleksi atau ujian bagi para siswa. Siswa yang lolos seleksi berhak menjadi calon kandidat ketua OSIS. Selain itu, siswa yang ingin menjadi keanggotaan OSIS juga harus memiliki leandership untuk memajukan sekolah. “Ada ujian agama, minat dan bakat, motivasi, wawancara dan akademik,” ungkapnya.

“Akademik ini merupakan salah satu syarat utama siswa menjadi ketua OSIS. Karena menjadi anggota OSIS harus siap ketinggalan mata pelajaran (mapel). Sebab akan banyak kegiatan di luar kelas,” tambahnya lagi.

Sementara, Pembina Kegiatan, Eko Priyono, mengungkapkan kegiatan di luar sekolah (outbound) ini ditujukan untuk melatih kedisiplinan, tanggung jawab serta melatih kebersamaan. Karena menjadi pengurus OSIS tidaklah gampang. Sehingga membutuhkan kebersamaan untuk dapat memajukan kemajuan sekolah. “Tugas OSIS itu tidak mudah, jadi memerlukan tanggung jawab bersama dalam setiap melakukan kegiatan,” katanya.

Kegiatan outbound ini siswa diberi materi yang berhubungan dengan tanggung jawab dan kebersamaan. Seperti Pelatihan Baris Berbaris (PBB), jaring laba-laba dan permainan ular buta. “Ada 25 siswa, masing-masing dibagi menjadi enak kelompok dan setiap kelompok ada enam orang. Sebagai acara penutup LBT, semua siswa akan kami suruh untuk menyanyikan mars OSIS. Tujuannya adalah untuk menguatkan siswa, betapa beratnya menjadi pengurus OSIS,” jelas Eko.[bib@infosoloraya.com]

 

Incoming search terms:

  • materi osis smp
  • materi kepemimpinan osis

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan