Senin, 22 Desember 2014
NEWS TICKER
IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB »  Piye Kabare Bro…..Cermati Poster Yang Menyesatkan »  Daftar Peserta PLPG Tahap I Rayon UMS »  Lagi, Pos Polisi Kembali Diserang »  Film Porno Artis Lokal Dikabarkan ada 8 Episode »  Agustus, 40 Mahasiswa UNS Ikuti KKN »  Klaten : Puluhan Peluru Hampa ditemukan di sungai »  Kementerian ESDM Tunjuk Pemkot Jadi Pilot Project PJU Pintar »  Hasil Mencuri Untuk Foya- Foya »  Harga Cengkeh Kering Mencapai Rp.115 ribu perkilogram »  Bencana Alam Banjir dan Longsor di Wonogiri Kian Meluas »  Siapa Sesungguhnya Bandoro Raden Ayu Roro Matah Hati »  Lomba Lari 10 K Nasional Hari Jadi Wonogiri akan Melewati Waduk Gajah Mungkur »  Calon TKI Ujian EPS TOPIK PBT di UNS »  Tahun 2014, UMK Solo Naik 25% »  Jelang Pilgub, KPU Gelar Sosialisai »  Jokowi Raih Dua Penghargaan »  Demo Kenaikan BBM di Solo Ricuh »  Penegakan Hukum di Indonesia Masih Carut-Marut »  Pengurus Baru HMI Cabang Sukoharjo Dilantik » 
 
Home » Foto » IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB
FOTO

IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB

Sabtu, 2 Februari 2013 - 45636 Views
Pembantu Rektor 300x199 IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB

Pembantu Rektor (PR) I bidang Akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Dr Mudlofir Abdullah

INFOSOLORAYA.COM – SOLO – Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) 2013. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta membuka jalur Prestasi Akademik (PA) dan Ujian Tulis (UT).

Pembantu Rektor (PR) I Bidang Akademik IAIN Surakarta, Dr Mudofir Abdullah, mengatakan pembukaan dua jalur itu berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor SE/Dj.I/PP.00.9/02/2011, tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada seluruh UIN/IAIN/STAIN di Indonesia yang dilakukan secara bersama.

Menurutnya, SPMB-PTAIN merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak. Untuk SPMB IAIN, sambungnya akan menjaring sebanyak 80 persen Mahasiswa Baru (Maru) pada setiap Program Studi (Prodi) dengan rincian 50 persen melalui jalur PA dan 30 persen melalui Jalur UT.

“Dengan demikian, 20% Maru pada setiap Prodi melalui jalur penerimaan mandiri atau bentuk lain secara nasional,” jelasnya.

Adapun syarat untuk bisa mengikuti seleksi ini adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pondok Pesantren kelas XII (dua belas) yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada tahun 2013 dan memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah.

Ia mengatakan, untuk jalur PA siswa memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala sekolah/ Madrasah yang sama mulai dari semester III, IV dan V dengan ketentuan akreditasi.

“Pendaftaran jalur PA akan dimulai pada 13 Februari hingga 21 Maret 2013 dan dilakukan seleksi pada 22 Maret hingga 21 Mei 2013. Setelah itu hasilnya akan diumumkan pada 31 Mei 2013,” jelasnya.

Untuk jalur UT, katanya akan dilakukan tes. Tes pertama akan dilaksanakan pada Selasa, 25 Juni 2013, meliputi tes potensi akademik, tes bidang studi dasar dan tes wawasan keislaman. Tes kedua dilaksanakan pada Rabu, 26 Juni 2013, meliputi tes bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan tes bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemudian hasil ujian akan diumumkan pada Sabtu, 20 Juni 2013.

“Untuk mengetahui hasilnya, peserta dapat mengakses di laman (website) resmi http://www.spmb-ptain.ac.id,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mudofir mengatakan, jalur UT ini biaya pendaftaran akan dibebankan pada setiap peserta sebesar Rp150.000  untuk kelompok IPA dan IPS. Sedang untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) sebesar Rp175.000.

“Untuk mengetahui lebih jelas Informasi tentang persyaratan, cara pendaftaran, jenis ujian, jadwal, biaya, dan kelompok Prodi, baik kelompok IPA maupun IPS, dapat diakses di laman (website) resmi http://www.spmb-ptain.ac.id,” imbuhnya.(bib@infosoloraya.com)

Incoming search terms:

Related Post

Comment