Monday, 16 October 2017
NEWS TICKER
IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB »  Piye Kabare Bro…..Cermati Poster Yang Menyesatkan »  Siapa Sesungguhnya Bandoro Raden Ayu Roro Matah Hati »  Film Porno Artis Lokal Dikabarkan ada 8 Episode »  Daftar Peserta PLPG Tahap I Rayon UMS »  Agustus, 40 Mahasiswa UNS Ikuti KKN »  Harga Cengkeh Kering Mencapai Rp.115 ribu perkilogram »  Klaten : Puluhan Peluru Hampa ditemukan di sungai »  Lagi, Pos Polisi Kembali Diserang »  Bencana Alam Banjir dan Longsor di Wonogiri Kian Meluas »  Kementerian ESDM Tunjuk Pemkot Jadi Pilot Project PJU Pintar »  Hasil Mencuri Untuk Foya- Foya »  Lomba Lari 10 K Nasional Hari Jadi Wonogiri akan Melewati Waduk Gajah Mungkur »  Calon TKI Ujian EPS TOPIK PBT di UNS »  Jokowi Raih Dua Penghargaan »  Tahun 2014, UMK Solo Naik 25% »  Jelang Pilgub, KPU Gelar Sosialisai »  Demo Kenaikan BBM di Solo Ricuh »  Kesenian Tradisional Kethek Ogleng Ciri Khas Wonogiri »  Penegakan Hukum di Indonesia Masih Carut-Marut » 
 
Home » Budaya » Icon Budaya Kelurahan Jebres, Akan Kembali Digelar
BUDAYA

Icon Budaya Kelurahan Jebres, Akan Kembali Digelar

Tuesday, 1 August 2017 - 124 Views

INFOSOLORAYA.COM-KOTA-Pergelaran Kirab Budaya Babad Kademangan Jebres sebagai icon budaya di Kelurahan Jebres Kota Surakarta telah memasuki tahun kelima. Akan kembali dilaksanakan pada tanggal 21-24 September 2017.

“Kirab Budaya Babad Kademangan Jebres sebagai icon budaya di Kelurahan Jebres Kota Surakarta kembali akan digelar pada akhir bulan September dan akan menampilkan berbagai potensi seni budaya di Kelurahan Jebres. Pergelaran di tahun yang kelima ini juga masih bekerjasama dengan ISI Surakarta,” papar Sulistiarini, Lurah Jebres.

Rangkaian acara Kirab Budaya Babad Kademangan Jebres akan dimulai pada hari Kamis (21/9 mulai jam 19.30 WIB) berupa Umbul Donga dan Kembul Bujana.Sebuah prosesi memanjatkan do’a di lokasi makam Ki Demang Jebres yang terletak di Komplek Pedaringan dilanjutkan pemotongan tumpeng robyong sebagai simbolisasi kembul bujana di Taman Cerdas Jebres.Dimeriahkan dengan pementasan kesenian berupasantiswaran RW 20, hadrah LP2A Jebres, tari-tarian dan wayang kulit anak dengan dalang Dipa Mahardikadari RW 21.

Pada hari kedua (Jumat malam, 22/9) digelar Pentas Seni Kampung (RW) menampilan potensi seni budaya masing-masing RW di Kelurahan Jebres diantaranya;musik, tari, teater, dagelan, geguritan dan seni kontemporer.Juga akan menampilkan grupkeroncong ISI Solo, klenengan BKKT UNS dan UPKD UNS.

Untuk hari ketiga (Sabtu malam, 23/9) di Taman Cerdas Jebres akan digelar penampilan khusus berupa Ketoprak Kolosal bekerjasama dengan ISI Surakarta dengan mengambil lakon; Jebres.Sebelumnya akan dimeriahkan penampilan anak-anak PAUD/TK, tari-tarian, teater dan fashion show.

Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada hari Minggu (24/9) mulai jam 15.00 WIB berupa Kirab Budaya Babad Kademangan Jebres dimulai dari Patung Soekarno Hatta (RW 17) menuju panggung kehormatan di depan kantor Kecamatan Jebres dan berakhir di Taman Cerdas Kelurahan Jebres. Prosesi kirab ini akan menampilkan atraksi tari air dari Dinas Kebakaran Kota Surakarta, laskar Gula Klapa, drum band Gita Pamongpraja Kota Surakarta, artefak dan pusaka Jebres, laskar Punggawa Kademangan, laskar Semut Ireng, laskar Telik Sandi Balkiyo, laskar Tarunadari mas mbak Jebres,Karang Tarunadan Fanbres.

Tidak ketinggalan Laskar RWse Kelurahan Jebres sebanyak 36 kontingen dari kampung Ngemingan, Gedangan, Tegal Baru, Petoran, Ngasinan, Gendingan, Kentingan, Ngoresan, Panggungrejo, Kaplingan, Mapagan, Gulon, Mondokan, Tegal Kuniran, Guwasari, Purwoprajan dan Kandangsapi. Tiap-tiap laskar berkesempatan unjuk kemampuan saat di depan panggung kehormatan dengan durasi selama 5-10 menit.

“Hajatan Kirab Budaya Babad Kademangan Jebres ini sebagai sebuah upaya memperteguh kesatuan dan kesatuan di tengah masyarakat sekaligus sebuah upaya nguri-uri budaya di Kelurahan Jebres. Kelurahan Jebres itu terkenal dengan kedhungnya seniman maka dirasa perlu diberi wahana berekspresi,” pungkas Ipda Wagino Dipuro, Ketua Panitia Pelaksana.(Zul)

Related Post