Thursday, 24 July 2014
NEWS TICKER
IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB »  Piye Kabare Bro…..Cermati Poster Yang Menyesatkan »  Lagi, Pos Polisi Kembali Diserang »  Daftar Peserta PLPG Tahap I Rayon UMS »  Klaten : Puluhan Peluru Hampa ditemukan di sungai »  Agustus, 40 Mahasiswa UNS Ikuti KKN »  Kementerian ESDM Tunjuk Pemkot Jadi Pilot Project PJU Pintar »  Hasil Mencuri Untuk Foya- Foya »  Film Porno Artis Lokal Dikabarkan ada 8 Episode »  Harga Cengkeh Kering Mencapai Rp.115 ribu perkilogram »  Lomba Lari 10 K Nasional Hari Jadi Wonogiri akan Melewati Waduk Gajah Mungkur »  Siapa Sesungguhnya Bandoro Raden Ayu Roro Matah Hati »  Calon TKI Ujian EPS TOPIK PBT di UNS »  Jelang Pilgub, KPU Gelar Sosialisai »  Bencana Alam Banjir dan Longsor di Wonogiri Kian Meluas »  Jokowi Raih Dua Penghargaan »  Penegakan Hukum di Indonesia Masih Carut-Marut »  Demo Kenaikan BBM di Solo Ricuh »  Pengurus Baru HMI Cabang Sukoharjo Dilantik »  Pembina Kwartir Ranting 110917 Simo Ikuti KMD » 
 
Home » Foto » Kurikulum 2013, Mapel TIK Dihapus
FOTO

Kurikulum 2013, Mapel TIK Dihapus

Monday, 3 December 2012 - 3316 Views
Ketua Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah MKKS SMP 300x199 Kurikulum 2013, Mapel TIK Dihapus

Ketua Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Solo, Joko Riyanto

INFOSOLORAYA. COM – SOLO – Isu tidak masuknya mata pelajaran (mapel) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Kurikulum 2013 membuat guru resah. Mapel yang direncanakan tidak masuk dalam kurikulum tersebut untuk jenjang SMP.

Ketua Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Solo, Joko Riyanto, mengatakan saat ini pihaknya hanya bisa pasrah menunggu hasil uji publik Kurikulum 2013 keluar. Joko yang juga Kepala SMPN 2 Solo ini mengatakan ada dua guru pengajar di sekolahnya yang mengampu mapel TIK. “

Dua guru ini kebetulan belum sempat sertifikasi. Kalau mapel tersebut dihilangkan maka pupus sudah harapannya,” ujar Joko kepada wartawan, Sabtu (1/2/2012).

Kebijakan dihilangkannya mapel TIK dalam Kurikulum 2013, kata Joko sangat mengagetkan para guru pengampu bidang studi tersebut. Meskipun dirinya belum menerima surat edaran resmi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo. Namun uji publik Kurikulum 2013 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tersebut sudah tersebar di internet.

Menurutnya, jika TIK dihapus pengetahuan siswa terhadap ilmu komunikasi akan hilang. Sehingga TIK sangat penting untuk perkembangan ilmu pengetahuan siswa. Joko berharap, mapel TIK dapat diterapkan dan tidak dihapus dalam kurikulum. “Kalau pun nanti dihapus, siswa akan kami berikan TIK lewat kegiatan ekstrakurikuler tambahan,” ucapnya.

Sementara itu, Penelitian dan Pengembangan MGMP TIK untuk RSBI Provinsi, Dwi Darmadi, mengaku tergecut saat mendengar mendengar kabar penghapusan mapel TIK. Menurutnya, TIK merupakan pelajaran untuk sekarang dan masa depan. “Adanya rencana penghapusan TIK ini kami belum melakukan langkah pasti untuk mengumpulkan guru TIK untuk membahas masalah ini,” katanya.

Dwi yang juga menjabat guru TIK SMPN 1 Solo, masih berstatus guru tidak tetap ini juga resah apabila TIK dihapus. “Sebagai guru, saya hanya bisa pasrah terhadap kebijakan pemerintah. Saya yakin kebijakan yang diambil pemerintah ini pasti telah melalui berbagai pertimbangan yang cukup matang,” pungkasnya.[bib@infosoloraya.com]

 

Incoming search terms:

Related Post

Comment