Seleksi KSM Tingkat Kota Diikuti 68 Siswa Madrasah

 0
Seleksi KSM Tingkat Kota Diikuti 68 Siswa Madrasahby solorayaon.Seleksi KSM Tingkat Kota Diikuti 68 Siswa MadrasahINFOSOLORAYA.COM – SOLO – Sebanyak 68 siswa dari Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti tahap seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2013 tingkat Kota Solo di MAN 2 Surakarta, Sabtu (18/5). Menurut Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo, Muhammad Nasirudin, untuk tingkat MA ini terdiri dari MA Negeri 1, […]

Kompetisi Sains Madrasah 300x199 Seleksi KSM Tingkat Kota Diikuti 68 Siswa Madrasah

Pembukaan seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2013 di halaman MAN 2 Surakarta

INFOSOLORAYA.COM – SOLO – Sebanyak 68 siswa dari Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti tahap seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2013 tingkat Kota Solo di MAN 2 Surakarta, Sabtu (18/5).

Menurut Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo, Muhammad Nasirudin, untuk tingkat MA ini terdiri dari MA Negeri 1, MA Negeri 2, MA Al Islam, MA Al Kahfi, MA Al Muayyad, dan MA Muhammadiyah. Tingkat MTs meliputi MTs Negeri 1, MTs Negeri 2, MTs Ta’mirul Islam, MTS Al Mujahiddin, MTs Al Kahfi, MTs Muhammadiyah.

Kemudian untuk tingkat MI meliputi MI Muhammadiyah, MI Al Islam Solo, MI Negeri, MI Ali Bin Abi Tholib dan MI Al Islam Grobakan. “Ke-68 siswa ini secara detail terdiri dari 36 siswa MA, 24 siswa MTs dan delapan siswa MI,” kata Nasirudin selaku panitia KSM 2013 kepada infosoloraya.com di halaman MAN 2 Surakarta.

Ia menambahkan, masing-masing peserta seleksi KSM 2013 akan diambil juara I yang kemudian akan dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada 8 Juni di MAN 2 Pekalongan. Dalam kompetisi ini untuk masing-masing madrasah jumlah mata pelajaran (Mapel) yang dilombakan berbeda. Untuk tingkat MA ada enam jenis mata pelajaran (Mapel), MTs tiga mapel dan MI ada dua mapel. “Ini meliputi Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi dan sebagainya,” urainya.

Ia berpesan kepada seluruh pengawas lomba untuk dapat memberikan penilaian yang objektif. Selain itu juga dapat melakukan pengawasan yang cermat selama proses lomba berlangsung. Hal itu dilakukan untuk melihat sejauh mana kemampuan peserta dalam mengerjakan.

Kepala Kemenag Solo, Ahmad Nasirin, menambahkan seleksi KSM 2013 ini adalah untuk mewujudkan madrasah khususnya di Kota Solo untuk lebih unggul dengan sekolah umum lainnya. Selain itu, juga untuk menghasilkan lulusan madrasah yang memiliki daya saing yang tidak kalah dengan lulusan sekolah yang lain. “Ini sebagai program pemerintah khususnya Kemenag untuk menciptakan siswa yang unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Iman Taqwa (IMTAQ). Sehingga antara ilmu umum dan agama menjadi satu kesatuan. Dan inilah yang tidak dimiliki sekolah umum lainnya,” terang Nasirin.

Sementara Kepala MAN 2 Surakarta, Agus Hadi Susanto, mengatakan sebagai tuan rumah penyelenggara seleksi KSM 2013 ini menjadi kelebihan tersendiri untuk MAN 2 Surakarta. Selain lokasinya yang setrategis, yakni berada di jalan protokol (jantung kota) Jl Slamet Riyadi, juga untuk mengenalkan kepada masyarakat sekitar madrasah. “Diharapkan peserta lomba KSM yang mewakili Solo nanti dapat maju hingga ke tingkat nasional dan menyabet juara lagi,” terang Agus.(bib@infosoloraya.com)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan