Saturday, 25 October 2014
NEWS TICKER
IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB »  Piye Kabare Bro…..Cermati Poster Yang Menyesatkan »  Daftar Peserta PLPG Tahap I Rayon UMS »  Lagi, Pos Polisi Kembali Diserang »  Film Porno Artis Lokal Dikabarkan ada 8 Episode »  Agustus, 40 Mahasiswa UNS Ikuti KKN »  Klaten : Puluhan Peluru Hampa ditemukan di sungai »  Kementerian ESDM Tunjuk Pemkot Jadi Pilot Project PJU Pintar »  Hasil Mencuri Untuk Foya- Foya »  Harga Cengkeh Kering Mencapai Rp.115 ribu perkilogram »  Bencana Alam Banjir dan Longsor di Wonogiri Kian Meluas »  Siapa Sesungguhnya Bandoro Raden Ayu Roro Matah Hati »  Lomba Lari 10 K Nasional Hari Jadi Wonogiri akan Melewati Waduk Gajah Mungkur »  Calon TKI Ujian EPS TOPIK PBT di UNS »  Jelang Pilgub, KPU Gelar Sosialisai »  Jokowi Raih Dua Penghargaan »  Tahun 2014, UMK Solo Naik 25% »  Penegakan Hukum di Indonesia Masih Carut-Marut »  Demo Kenaikan BBM di Solo Ricuh »  Pengurus Baru HMI Cabang Sukoharjo Dilantik » 
 
Home » Foto » Seleksi KSM Tingkat Kota Diikuti 68 Siswa Madrasah
FOTO

Seleksi KSM Tingkat Kota Diikuti 68 Siswa Madrasah

Saturday, 18 May 2013 - 732 Views

Kompetisi Sains Madrasah 300x199 Seleksi KSM Tingkat Kota Diikuti 68 Siswa Madrasah

Pembukaan seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2013 di halaman MAN 2 Surakarta

INFOSOLORAYA.COM – SOLO – Sebanyak 68 siswa dari Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti tahap seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2013 tingkat Kota Solo di MAN 2 Surakarta, Sabtu (18/5).

Menurut Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo, Muhammad Nasirudin, untuk tingkat MA ini terdiri dari MA Negeri 1, MA Negeri 2, MA Al Islam, MA Al Kahfi, MA Al Muayyad, dan MA Muhammadiyah. Tingkat MTs meliputi MTs Negeri 1, MTs Negeri 2, MTs Ta’mirul Islam, MTS Al Mujahiddin, MTs Al Kahfi, MTs Muhammadiyah.

Kemudian untuk tingkat MI meliputi MI Muhammadiyah, MI Al Islam Solo, MI Negeri, MI Ali Bin Abi Tholib dan MI Al Islam Grobakan. “Ke-68 siswa ini secara detail terdiri dari 36 siswa MA, 24 siswa MTs dan delapan siswa MI,” kata Nasirudin selaku panitia KSM 2013 kepada infosoloraya.com di halaman MAN 2 Surakarta.

Ia menambahkan, masing-masing peserta seleksi KSM 2013 akan diambil juara I yang kemudian akan dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada 8 Juni di MAN 2 Pekalongan. Dalam kompetisi ini untuk masing-masing madrasah jumlah mata pelajaran (Mapel) yang dilombakan berbeda. Untuk tingkat MA ada enam jenis mata pelajaran (Mapel), MTs tiga mapel dan MI ada dua mapel. “Ini meliputi Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi dan sebagainya,” urainya.

Ia berpesan kepada seluruh pengawas lomba untuk dapat memberikan penilaian yang objektif. Selain itu juga dapat melakukan pengawasan yang cermat selama proses lomba berlangsung. Hal itu dilakukan untuk melihat sejauh mana kemampuan peserta dalam mengerjakan.

Kepala Kemenag Solo, Ahmad Nasirin, menambahkan seleksi KSM 2013 ini adalah untuk mewujudkan madrasah khususnya di Kota Solo untuk lebih unggul dengan sekolah umum lainnya. Selain itu, juga untuk menghasilkan lulusan madrasah yang memiliki daya saing yang tidak kalah dengan lulusan sekolah yang lain. “Ini sebagai program pemerintah khususnya Kemenag untuk menciptakan siswa yang unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Iman Taqwa (IMTAQ). Sehingga antara ilmu umum dan agama menjadi satu kesatuan. Dan inilah yang tidak dimiliki sekolah umum lainnya,” terang Nasirin.

Sementara Kepala MAN 2 Surakarta, Agus Hadi Susanto, mengatakan sebagai tuan rumah penyelenggara seleksi KSM 2013 ini menjadi kelebihan tersendiri untuk MAN 2 Surakarta. Selain lokasinya yang setrategis, yakni berada di jalan protokol (jantung kota) Jl Slamet Riyadi, juga untuk mengenalkan kepada masyarakat sekitar madrasah. “Diharapkan peserta lomba KSM yang mewakili Solo nanti dapat maju hingga ke tingkat nasional dan menyabet juara lagi,” terang Agus.(bib@infosoloraya.com)

Related Post

Comment