Monday, 16 October 2017
NEWS TICKER
IAIN Surakarta Buka Dua Jalur Pendaftaran SPMB »  Piye Kabare Bro…..Cermati Poster Yang Menyesatkan »  Siapa Sesungguhnya Bandoro Raden Ayu Roro Matah Hati »  Film Porno Artis Lokal Dikabarkan ada 8 Episode »  Daftar Peserta PLPG Tahap I Rayon UMS »  Agustus, 40 Mahasiswa UNS Ikuti KKN »  Harga Cengkeh Kering Mencapai Rp.115 ribu perkilogram »  Klaten : Puluhan Peluru Hampa ditemukan di sungai »  Lagi, Pos Polisi Kembali Diserang »  Bencana Alam Banjir dan Longsor di Wonogiri Kian Meluas »  Kementerian ESDM Tunjuk Pemkot Jadi Pilot Project PJU Pintar »  Hasil Mencuri Untuk Foya- Foya »  Lomba Lari 10 K Nasional Hari Jadi Wonogiri akan Melewati Waduk Gajah Mungkur »  Calon TKI Ujian EPS TOPIK PBT di UNS »  Jokowi Raih Dua Penghargaan »  Tahun 2014, UMK Solo Naik 25% »  Jelang Pilgub, KPU Gelar Sosialisai »  Demo Kenaikan BBM di Solo Ricuh »  Kesenian Tradisional Kethek Ogleng Ciri Khas Wonogiri »  Penegakan Hukum di Indonesia Masih Carut-Marut » 
 
Home » Boyolali » Seminar Dan Penyuluhan Pertanian Mahasiswa KKNT IAIN Surakarta Dan Aktivis Pertanian Organik
BOYOLALI

Seminar Dan Penyuluhan Pertanian Mahasiswa KKNT IAIN Surakarta Dan Aktivis Pertanian Organik

Saturday, 27 June 2015 - 716 Views

kknt boyolaliINFOSOLORAYA.COM – BOYOLALI; Kegiatan seminar dan penyuluhan pertanian organik oleh tim KKNT IAIN Surakarta Kec.Klego Bekerjasama dengan Pergerakan Aktivis Pertanian Organik Indonesia (PAKTANI) yang dilaksanakan di kantor desa Banyu Urip, kecamatan klego, Kab.Boyolali yang dihadiri oleh perwakilan GAPOKTAN atau gabungan kelompok tani desa se kecamatan klego. Perwakilan Dari Polres Dan Kodim Boyolali Juga ikut mendampoingi Seminar dan penyuluhan. Penyuluhan tersebut mengenai pentingnya penggunaan pupuk organik, manfaat pupuk organik bagi kesuburan tanah, cara membuat penanganan hama sendiri secara organik yang diharapkan dapat membantu permasalahan pengadaan pupuk dan keterbatasan penggunaan pupuk karena harga yang mahal. dilanjutkan pendampingan pertanian organik sampai lahan pertanian selama masa KKNT mahasiswa IAIN Surakarta. (21/06)

Salah satu narasumber Untung Tri Martono dari Aktivis Pertanian Organik Indonesia Menjelaskan Pentingnya pertanian organik, Pupuk yang digunakan oleh petani selama ini menggunakan pupuk kimia yang cenderung jika diterapkan akan mengakibatkan kerusakan pada lahan pertanian dan lingkungan. Oleh karena itu dengan adanya pupuk organik akan sangat membantu dalam pertanian yang berkelanjutan dan  tetap menjaga kesuburan lahan dan kelestarian lingkungan. Selain itu, petani pun dapat membuat sendiri penanganan hama dan pupuk organik tanpa harus dibebankan dengan harga dan keterbatasan penggunaan pupuk yang akan digunakan oleh petani. tim dari PAKTANI siap mendampingi sampai lahan pertanian. tegas Untung Selaku Aktivis Pertanian Organik Indonesia.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan doa dilanjutkan dengan sambutan oleh Koordinator KKN Kec.Klego Sdr.Isdi Ahmad Dalarean selaku penyelenggara acara dan dilanjutkan dengan seminar pertanian organik serta pemaparan dan diskusi dari para peserta dari GAPOKTAN dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pendampingan.

Narasumber menjelaskan pentingnya unsur hara bagi kesuburan tanah, serta memaparkan dan mendiskusikan mengenai penggunaan bahan organik dan hayati yang diperoleh dari  lingkungan sekitar, juga Limbah pertanian dan peternakan yang selama ini hanya digunakan seadanya pada lahan mereka sebagai pupuk organik, ternyata dapat diolah menjadi pupuk organik yang lebih bermanfaat dan memiliki unsur hara yang lebih baik untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Untuk melengkapi bahan presentasinya, pemapar juga menggunakan tayangan video serta proyektor agar para peserta lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Pertanian organik adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, Berdasarkan hasil respon pada saat seminar dan penyuluhan, petani dapat memahami dan mempraktikan pembuatan pupuk organik secara langsung dilapangan yang bermanfaat untuk pertanian secara organik.
Pergerakan Aktivis Pertanian Organik Indonesia (PAKTANI) bersedia keliling nusantara untuk mendengungkan pertanian organik dan berjuang bersama petani bisa langsung hubungi call center 085647373215, selaku narasumber selain menjelaskan pentingnya organik juga memberikan semangat kepada para petani dengan slogan “AKU BANGGA JADI PETANI, AKU BANGGA JADI ANAK PETANI” di tegaskan bahwasanya Pendiri NKRI Bung Karno nenamakan landasan ideologi nasionalismenya untuk perjuangan dengan nama petani yaitu “marhaen” seorang petani yang di temui Bung Karno saat masih kuliah di bandung, dan juga menegaskan bahwasanya petani adalah pekerjaan paling mulia karena tidak akan ada sepiring nasi di tengah kota kalau tidak dari petani yang menanam padi di desa. Bersama Mahasiswa PAKTANI menyerukan pertanian organik ke seluruh nusantara untuk kesejahteraan para petani di negeri gemah ripah lohjinawi. tidak perlu malu jadi petani dan juga anak sang petani, kita harus bangga. tegas Ketua Umum Pergerakan Aktivis Pertanian Organik Indonesia (PAKTANI) dalam seminar.[rilis]

Related Post